Minggu, 28 Juni 2015

Pengalaman Bersepeda dengan tipe “XC (cross country)"



Pada kali ini saya akan membahas dan membagi pengalaman mengenai kategori “XC(cross country)” pada sepeda MTB atau yang banyak dikenal sebagai sepeda gunung, menurut pengalaman yag saya ketahui selama saya menggeluti dunia MTB pada awal 2011. Walaupun masih belum lama, tetapi saya sudah suka bermain sepeda sejak saya masih kecil, sempat vakum lama, dan kemudian teman saya mengajak saya untuk mengenal dunia seeda MTB, dan demikianlah saya mulai mengeksprol kembali mengenai dunia sepeda MTB.
Ini lah beberapa kategori yang akan saya bahas :
Ø XC (cross country)
XC atau yang dikenal dengan cross country ini awal mula saya mengenal sepeda MTB. Sepeda yang biasanya digunakan yaitu berjenis hardtrill atau yang hanya memiliki 1 suspension dibagian depan, karena pada dasarnya sepeda ini dikhususkan untuk berkendara di jalan raya yang dalam istilas lain disebut on road, memiliki spesifikasi yang ringan supaya lebih nyaman saat digunakan dan agar tidak terlalu menguras tenaga, pada darasnya sepeda dengan kelas ini lebih mengutamakan keringanan dan tidak dianjurkan untuk medan yang keras, seperti bebatuan dan off road karena rider akan merasa kesulitan dalam mengendalikan sepeda pada trek tersebut. Biasanya sapedah ini digunakan oleh para goweser untuk bekerja, bersekolah, ke kampus dll, istilah ini biasa disebut “Bike to Work”.

Pengalaman saya saat mengendarai sepeda hardtrill ini sangatlah menyenangkan, namun pada saat diajak mencoba trek yang lebih ekstrim, itu lebih menyenagkan bagi saya, tapi tidak dengan sepeda yang saya gunakan karena saya merasa sangat tersisksa, alhasil pada saat selesai bermain bada saya merasa pegal yang luar biasa dan sepeda saya pun mengalami beberapa trouble, dan kemudian teman saya menyarankan untuk menggati sepeda ke level yang lebih tinggi yang dapat melewati medan yang berat dengan penuh kenyamanan, dari situ lah saya memulai bermain AM (all mountain) dan lebih sering main di pegunungan yang saya sukai. Dan satu lagi, fokus safety saat bersepeda itu prioritas utama bagi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar