Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan
pembeli yang tidak selalu memerlukan lokasi fisik dan bisa berunjuk kesuatu
negara tempat suatu barang tersebut dipasarkan atau dijual. Pasar menurut
karakteristiknya dibagi menjadi 4, yaitu:
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar monopoli
3. Pasar persaingan monopolistik
4. Pasar oligopoli
A. Pasar persaingan sempurna
adalah sebuah
jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan
produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar
dan hasil interaksi
antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan
pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai
penerima harga.
Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna.
Kelebihan:
a. Harga Jual barang dan jasa adalah yang
termurah
b. Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio
output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
c. Masyarakat merasa nyaman dalam
mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa
(produk yang homogen)
d. Tidak takut ditipu dalam kualitas harga
(informasi sempurna)
Kekurangan:
a. Kelemahan dalam hal asumsi
b. Kelemahan dalam pengembangan teknologi
c. Konflik efisiensi keadilan
B. Pasar monopoli
adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Produsen bebas untuk menentukan
harga. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut
sebagai "monopolis". Harga ditentukan dari jumlah barang yang akan
diproduksi, semakin sedikit banrang, semakin mahal harga barang tersebut.
Kelebihan Pasar Monopoli
a. Mampu mengakumulasi laba super normal dalam
jangka panjang
b. Menghasilkan output yang besar melalui
peningkatan efisiensi
c. Mampu meningkatkan investasi ekonomi
d. Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui
pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
Kelemahan Pasar Monopoli
a. Hilang atau berkurangnya tingkat
kesejahteraan konsumen
b. Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen
dan pekerja
c. Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
d. Membruknya kondisi perekonomian
Internasional
C. Pasar persaingan monopolistik
adalah salah
satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan
barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada
pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti
memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya. produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga pasar.
Kelebihan Pasar Monopolistik
· Daya
monopoli yang relatif kecil menyebabkan kesejahteraan yang hilang relatif
kecil.
· Kelebihan
kapasitas produksi relatif kecil
· Kenikmatan
konsumen yang tinggi karena beragamnya produk, peningkatan kualias, dan
meningkatnya kebebasan konsumen dalam memilih output
Kelemahan Pasar Monopolistik
· Permintaan
yang sangat elastic
· Harga
jual masih lebih besar daripada biaya marjinal
· Kapasitas
berlebih
· Jika
output ditambah melebihi output keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
D. Pasar oligopoli
adalah pasar di mana
penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang
dari sepuluh. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya
untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan
juga perusahaan-perusahaan melakukan oligopoli sebagai salah satu usaha untuk
menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga
jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga di antara pelaku usaha yang
melakukan praktik oligopoli menjadi tidak ada.
Kelebihan Pasar Oligopoli
· Hanya
sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
· Oligopoli
dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan
lawan
· Oligopoli
dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif
kecil
Kelemahan Pasar Oligopoli
· Efisiensi
hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat besar
· Pengambilan
keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
· Membutuhkan
kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan
Pasar yang paling efisien adalah pasar persaingan
sempurna.Alasan mengapa pasar persaingan sempurna paling efisien adalah:
· Pada
pasar persaingan sempurna informasi mengenai harga suatu barang dapat diketahui
dengan mudah sehingga menghindari abnormal return.
· Di
dalam pasar persaingan sempurna, produk yang dihasilkan disesuaikan sehingga
tidak melebihi permintaan.
· Tidak
perlu dilakukan manajemen rumit seperti pada kasus oligopoly skarena harga
barang akan sendirinya tercapai oleh keseimbangan antara permintaan dan
penwaran yang terjadi secara alamiah.
· Dalam
jangka panjang bentuk pasar yang bersifat persaingan sempurna menjamin
diproduksinya barang-barang dengan ongkos yang serendah-rendahnya kerena bila
diproduksi dalam ongkos yang besar otomatis produsen akan mengalami kerugian
mengingat banyak saingan di dalam pasar persaingan sempurna.
Sumber :
- See more at:
http://bobbyalfansyuri.blogspot.com/2013/06/jenis-jenis-karakteristik-pasar.html#sthash.3CUu1Xol.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar