Pengertian abstrak
Abstrak adalah
bagian ringkas suatu uraian yang merupakan gagasan utama dari suatu pembahasan
yang akan diuraikan. Abstrak digunakan sebagai “jembatan” untuk memahami
uraian yang akan disajikan dalam suatu karangan (biasanya laporan atau artikel
ilmiah) terutama untuk memahami ide-ide permasalahannya. Dari abstrak, pembaca
dapat mengetahui jalan pikiran penulis laporan/artikel ilmiah tersebut dan
mengetahui gambaran umum tulisan secara lengkap.
Abstrak dapat merujuk pada:
Benda abstrak, benda yang
kasat mata, tidak jelas, dan tidak terdefinisi.
Seni abstrak, seni rupa yang tidak menampilkan objek
seperti yang ada dalam dunia asli.
Abstrak (hukum),
pernyataan singkat yang merangkum poin-poin utama dokumen legal.
Abstrak (literatur),
ringkasan singkat sebuah literatur atau tulisan.
Cara membuat abstrak
Tidak ada format
tunggal untuk menulis abstrak yang bagus dan benar. Namun Format umum untuk
membuat abstak terdiri 4 komponen dari:
-Latar Belakang
-Metode
-Hasil
-Implikasi/Kesimpulan
Penekanan ditempatkan
pada masing-masing komponen akan tergantung pada bidang atau disiplin yang anda
tekuni atau buat. Dalam beberapa kasus, latar belakang dan metode akan
membutuhkan lebih banyak penekanan dan penjelasan, sedangkan dalam kasus lain, hasil
dan implikasi akan membutuhkan lebih banyak penjelasan dan penekanan. Anda
tidak diharuskan untuk mengikuti urutan keempat komponen di atas.Setiap
kompoenen tersebut harus ditulis sebaik mungkin dan ditulis secara benar. Lebih
jelas mengenai maksud dari 4 komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1. Latar Belakang: Latar belakang adalah motivasi
untuk membuat karya tulis. Mengapa kita peduli tentang masalah ini?
Apa arti perbedaan praktis, teoritis, ilmiah, dari penelitian Anda?
2. Metode atau Pendekatan: Apa yang lakukan untuk
mendapatkan hasil dari karya tulis Anda? Bagaimana anda mendapatkan hasil dari
karya tulis Anda? Apakah Anda menggunakan kerangka teori tertentu, prosedur
teknis, atau metodologi?
3. Hasil atau Produk: Sebagai hasil dari metode atau
pendekatan yang anda gunakan, hal apa yang Anda dapat, pelajari, buat, atau
ciptakan?
4. Kesimpulan atau Implikasi: Apa dampak yang
lebih besar dari temuan Anda?
Berikut ini merupakan tips yang akan membuat Anda
jauh lebih mudah membuat abstak yang benar.
1. Dibutuhkan banyak revisi untuk menulis
abstrak yang baik
2. Temukan pokok bahasan utama dari karya
tulis atau penelitian Anda. Kemudian jelaskan hal tersebut
secara mudah sehigga kalangan non-akademik bisa membaca karya tulis Anda.
3. Ingatlah untuk selalu menggunakan kata kunci
penting yang sesuai dengan bidang penelitian atau menggunakan kata-kata yang
menunjukkan bidang Anda (contoh: rekayasa biokimia, sejarah seni Bizantium,
tanaman C3).
4. Abstrak Anda tidak boleh terlalu rinci sehingga
memerlukan kutipan atau catatan kaki.
5. Carilah bantuan dari kakak kelas Anda atau
guru Anda untuk membuat abstak lebih benar.
Contoh
abstrak
...................... 2010, Upaya Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas ……………………….
Melalui Model Membaca Puisi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, ……………………………...
Kata Kunci : Aktivitas Hasil Belajar Dengan Model
Penggunaan strategi yang cenderung monoton, yaitu ceramah yang disertai sedikit tanya jawab dalam menyajikan materi pelajaran oleh guru kelas ………………., mengakibatkan siswanya kurang berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa indonesia dan akhirnya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengetasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan suatu pembelajaran yaitu Model Membaca Puisi.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III, dimana setiap tindakan diamati melalui lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Untuk mengetahui hasil dari tindakan yang telah diberikan dilakukan evaluasi dengan mengadakan tranformatif disetiap akhir siklusnya.
Dari hasil yang diperoleh dari penelitian siklus I nilai rata-ratanya 60, siklus II nilai rata-ratanya 64 dan siklus III rata-ratanya 68. jumlah siswa mencapai keberhasilan juga meningkat dari siklus I sebanyak 12 orang atau 52 % menjadi 17 orang atau 74 % pada siklus II dan 23 orang atau 100 % pada siklus III dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 230 orang. Peningkatan hasil belajar siswa ini seiring dengan keaktifan siswa di dalam proses pembelajarannya yang juga selalu mengalami peningkatan disetiap siklusnya.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan, model membaca puisi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia khususnya kelas …………………...
Kata Kunci : Aktivitas Hasil Belajar Dengan Model
Penggunaan strategi yang cenderung monoton, yaitu ceramah yang disertai sedikit tanya jawab dalam menyajikan materi pelajaran oleh guru kelas ………………., mengakibatkan siswanya kurang berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa indonesia dan akhirnya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengetasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan suatu pembelajaran yaitu Model Membaca Puisi.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III, dimana setiap tindakan diamati melalui lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Untuk mengetahui hasil dari tindakan yang telah diberikan dilakukan evaluasi dengan mengadakan tranformatif disetiap akhir siklusnya.
Dari hasil yang diperoleh dari penelitian siklus I nilai rata-ratanya 60, siklus II nilai rata-ratanya 64 dan siklus III rata-ratanya 68. jumlah siswa mencapai keberhasilan juga meningkat dari siklus I sebanyak 12 orang atau 52 % menjadi 17 orang atau 74 % pada siklus II dan 23 orang atau 100 % pada siklus III dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 230 orang. Peningkatan hasil belajar siswa ini seiring dengan keaktifan siswa di dalam proses pembelajarannya yang juga selalu mengalami peningkatan disetiap siklusnya.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan, model membaca puisi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia khususnya kelas …………………...
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar