Mungkin mendengar istilah tersebut sungguh
sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Namun pada kenyataannya masih banyak
orang yang masih belum memahami benar dengan makna istilah tersebut. Untuk itu
saya ingin berbagi kepada rekan – rekan sekalian sedikit mengenaipengertian
dari managemen / definisi dari istilah managemen itu sendiri.
Kata manajemen di ambil dari kata bahasa
inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan,
mengusahakan, memimpin.
Berikut pengertian manajemen menurut
beberapa ahli :
- Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (By : Drs. Oey Liang Lee )
- Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. (By : James A.F. Stoner)
- Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan – tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. (By : R. Terry )
- Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(By : Lawrence A. Appley)
- Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (By : Horold Koontz dan Cyril O’donnel )
Terdapat beberapa teori dan
perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada
pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah
dimana orang – orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana – prasarana, data, dan
lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut :
Stoner mengatakan bahwa organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney mengemukakan bahwa
organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan
bersama.
Chester I. Bernard berpendapat bahwa
organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih.
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa
Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar,
dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas
dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau
sekelompok tujuan.
Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah
elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen
yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan. Berikut merupakan fungsi – fungsi managemen menurut para ahli
:
Henry Fayol
1. Planning ( Perencanaan )
2. Organizing ( Pengorganisasian )
3. Commanding ( Pengarahan )
4. Coordinating ( Pengordinasian )
5. Controlling ( Pengendalian )
Ernest Dale
1. Planning ( Perencanaan )
2. Organizing ( Pengorganisasian )
3. Staffing ( Penyusunan Personalia
)
4. Directing ( Pengarahan )
5. Innovating ( Penginovasian )
6. Representing
7. Controlling ( Pengendalian )
Luther Gullick
1. Planning ( Perencanaan )
2. Organizing ( Pengorganisasian )
3. Staffing ( Pengadaan Tenaga Kerja
)
4. Directing ( Pengarahan,
Pembimbingan )
5. Coordinating ( Pengkoordinasian )
6. Reporting (Pelaporan)
7. Budgeting ( Pembuatan Anggaran)
George R. Terry
1. Planning ( Perencanaan )
2. Organizing ( Pengorganisasian
atau Pembagian Tugas )
3. Actuating ( Pelaksanaan )
4. Controlling (
Pengontrolan/Pengawasan )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar